Sabtu, 10 Desember 2011

Topologi jaringan

Topologi jaringan

1 year ago
  • Email
  • Favorite
  • Download
  • Embed

0 comments

Embed Video
Post Comment
Edit your comment Cancel
  1. Topologi Bus Topologi bus ini sering juga disebut sebagai topologi backbone, dimana adas ebuah kabel coaxial yang dibentang kemudian beberapa komputer dihubungkan pada kabel tersebut.
  2. Secara sederhana pada topologi bus, satu kabel media transmisi dibentang dari ujung keujung, kemudian kedua ujung ditutup dengan “terminator” atau terminating-resistance (biasanyaberupatahananlistriksekitar 60 ohm).
  3. Kelebihan topologi Bus adalah:
    Instalasi relatif lebih murah
    Kerusakan satu komputer client tidak akan mempengaruhi komunikasi antar client lainnya
    Biaya relatif lebih murah
  4. Kelemahan topologi Bus adalah:
    Jika kabel utama (bus) atau backbone putus maka komunikasi gagal
    Bila kabel utama sangat panjang maka pencarian gangguan menjadi sulit
    Kemungkinan akan terjadi tabrakan data(data collision) apabila banyak client yang mengirim pesan dan ini akan menurunkan kecepatan komunikasi.
  5. Topologi Ring
    Topologi ring biasa juga disebut sebagai topologi cincin karena bentuk nya seperti cincing yang melingkar. Semua komputer dalam jaringan akan dihubungkan pada sebuah cincin.
    Cincin ini hampir sama fungsinya dengan concenrator pada topologi star yang menjadi pusat berkumpulnya ujung kabel dari setiap komputer yang terhubung.
  6. Secara lebih sederhana lagi topologi cincin merupakan untaian media transmisi dari satu terminal ke terminal lainnya hingga membentuk suatul ingkaran, dimana jalur transmisi hanya “satuarah”.
  7. Terdapat 3 fungsi dalam topologi cincin
    Penyelipan data adalah proses dimana data dimasuk kanke dalam saluran  transmisi oleh terminal pengirim setelah diberi alamat dan bit-bit tambahan lainnya.
    Penerimaan data adalah proses ketika terminal yang dituju telah mengambil data dari saluran, yaitu dengan cara membandingkan alamat yang ada pada paket data dengan alamat terminal itu sendiri. Apabila alamat tersebut samamaka data kiriman disalin.
    Pemindahan data adalah proses dimana kiriman data diambil kembali oleh terminal pengirim karena tidak ada terminal yang menerimanya (mungkinakibatsalahalamat). Jika data tidakdiambil kembali maka data iniakanberputar-putardalamasaluran. Padajaringan bus hal ini tidak akan terjadi karena kiriman akan diserap oleh “terminator”.
  8. Kemungkinan permasalahan yang bisa timbul dalam jaringan cincin adalah:
    Kegagalan satu terminal / repeater akan memutuskan komunikasi k esemua terminal.
    Pemasangan terminal baru menyebabkan gangguan terhadap jaringan, terminal baru harus mengenal dan dihubungkan  dengan kedua terminal tetangganya.
  9. Topologi Star
    Disebut topologi star karena bentuknya seperti bintang, sebuah alat yang disebut concentrator bisa berupa hub atau switch menjadi pusat, dimana semua komputer dalam jaringa ndihubungkan ke concentrator ini.
  10. Topologi Star
    Pada topologi Bintang (Star) sebuah terminal pusat bertindak sebagai pengatur dan pengendali semua komunikasi yang terjadi. Terminal-terminal lainnya melalukan komunikasi melalui terminal pusat ini.
    Terminal kontrol pusat bisa berupa sebuah komputer yang difungsikan sebagai pengendali tetapi bisa juga berupa  “HUB” atau “MAU” (Multi Accsess Unit).
  11. Kelebihan topologi bintang:
    Karena setiap komponen dihubungkan langsung  kesimpul pusat maka pengelolaan menjadi mudah, kegagalan komunikasi mudah ditelusuri.
    Kegagalanpadasatukomponen/terminal tidakmempengaruhikomunikasi terminal lain.
  12. Kelemahan topologi bintang:
    Kegagalan pusat kontrol (simpulpusat) memutuskan semua komunikasi
    Bila yang digunakan sebagai pusat kontrol adalah HUB maka kecepatan akan berkurang sesuai dengan penambahan komputer, semakin banyak semakin lambat.
  13. Topologi Pohon
    Topologi pohon adalah pengembangan atau general isasitopologi bus.
    Media transmisi merupakan satu kabel yang bercabang  namun loop tidak tertutup.
  14. Topologi pohon dimulai dari suatu titik yang disebut “headend”. Dari headend beberapa kabel ditarik menjadi cabang, dan pada setiap cabang terhubung beberapa terminal dalam bentuk bus, atau d icabang lagi hingga menjadi rumit.
  15. Ada dua kesulitan pada topologi ini:
    Karena bercabang maka diperlukan cara untu kmenunjukkan kemana data dikirim, atau kepada siapa transmisi data ditujukan.
    Perlu suatu mekanisme untuk mengatur transmisidari terminal termina ldalam jaringan.
  16. Topologi Mesh
    Topologi Mesh adalahtopologi yang tidakmemilikiaturandalamkoneksi. Topologi ini biasanya timbul akibat tidak adanya perencanaan awal ketika membangun suatu jaringan.
  17. Karena tidak teratur maka kegagalan komunikasi menjadi sulit dideteksi, dan ada kemungkinan boros dalam pemakaian media transmisi.
  18. Fully-connected network
    MerupakanTopologi jaringan Mesh yang setiap komputer dalam jaringan terhubung dengan setiap komputer lain
  19. Untuk menghitung jumlah koneksi(kabel) pada topologi ini, dapat di gunakan rumus :
    c : Jumlah koneksi
    n : Jumlah komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar